News

Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode

Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode - Ampun ya Allah dua hari ini koneksi internet saya ngadat tidak selancar biasanya. Efeknya hal itu menjadikan aktifitas blogging saya menjadi tidak teratur. Biasanya saya aktif di malam hari sekarang tidak menentu.

Dulu saya pernah membuat artikel tutorial cara mengganti kernel Android dengan cepat melalui Flashtool. Cara flashing nya seperti biasanya. Masuk ke menu Flash mode pada Flashtool, di bagian Firmware selection pilih jenis kernel yang ingin di flash setelah itu klik OK, aktifin Flash mode pada Android dan beres.

Namun tanpa sepengetahuan kita ada metode lain yang jarang kita ketahui (hanya untuk bahan artikel). Biasanya Flashtool digunakan untuk flashing firmware (via Flash mode). Sebagian jenis smartphone menggunakan Flash Mode untuk flashing kernel juga. Namun bagi kebanyakan Xperia 2011, flashing kernel tidak memakai Flash mode lagi melainkan Fastboot mode. Ada yang tahu kenapa?

Sebagai contoh Xperia Mini ST15i. ST15i yang tergolong Xperia 2011 merupakan smartphone yang baru saya miliki hampir satu minggu yang lalu. Dibanding dengan X10 Mini E10i saya yang dulu tentu ST15i lebih membuat saya tertarik meskipun sebenarnya sudah satu tahun lebih saya memakai E10i. Soal flashing kernel ST15i rata-rata memakai Fastboot mode.

Berikut Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode via Flashtool.

A. Persiapan
  • Untuk flashing kernel melalui Fastboot mode pada Flashtool, tidak perlu banyak persiapan. Yang jelas pastikan Flashtool sudah terinstall di komputer anda, persiapkan kernel yang mau di flash dan juga persiapkan sebuah kabel data. Ingat, kernel yang akan kita flash melalui Fastboot mode bukan berformat FTF melainkan IMG.
B. Fase Eksekusi

  • Pertama buka Flashtool anda
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Klik logo bergambar listrik (Flash), pilih Fastboot mode
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Aktifkan Fastboot mode pada Android anda. Caranya, untuk Xperia 2011 dalam keadaan mati tekan VOLUME ATAS lalu tancapkan smartphone anda ke komputer. Kalau tidak salah nanti lampu led anda akan meyala berwarna biru. Sesudah itu klik Click Current Device Status
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Maka bila benar nantinya pada logcat Flashtool muncul tulisan Device Status: FASTBOOT mode. Lanjut, klik Select kernel to Flash
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Arahkan ke kernel IMG anda, klik Open. Letak kernelnya tidak harus didalam folder C:/Flashtool/firmwares/ seperti pada waktu kita flashing memakai Flash mode
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Setelah anda klik Open, hanya butuh beberapa detik saja untuk menunggu proses flashingnya. Yang jelas tidak selama memakai Flash mode. Mungkin proses ini hanya membutuhkan waktu 3 detik saja
Cara Flash Kernel Android Melalui Fastboot Mode
  • Catatan : Saya katakan lagi kernel yang kita pakai berformat IMG. Sesudah flashing kernel, lihat dibagian akhir di logcat Flashtool pastikan log yang muncul 0 bad blocks encountered. Bila ada value yang muncul selain angka 0 mungkin ada beberapa kesalahan di Android anda. Entah belum di Unlock Bootloader atau apa lah yang tahu hanya anda sendiri
Mudah bukan?

Selamat mencoba :) Bila ada suatu hal yang belum anda pahami silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

Share this post


Post a comment

  1. Apakah bisa di terapkan di Tablet MITO T720?

    ReplyDelete
  2. Apakah bisa di terapkan di Tablet MITO T720?

    ReplyDelete
  3. kang yusron nanya lagi nih. . ane mau ganti roomke ginger-DX v031-robyn nih. . skrng lagi make minicm7 v21 gmna langkah2nya. ?apakah harus flash kernel dulu. ?sebelumnya ane belum pernah flash kernel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gingerdx v31 itu seinget saya pakai kernel nAa-14. minicm7 v21 pakai kernel itu juga bukan? kalau sama2 gingerbread gak perlu ganti kernel. tapi kalau lintas OS harus ganti

      Delete
  4. Gan, mau nanya nih...
    Galaxy miniku kan udah q upgrade ke Jelly Bean, tapi karnelnya masih 2.3..
    waktu mau download BBM katanya gak Competible..
    Gimana tu solusinya, mohon bantuanya...

    ReplyDelete
  5. sewaktu memilih Select kernel to Flash ko EROR,
    tidak kluar pilihan .img,
    bagai mana

    ReplyDelete
  6. mas mau nanya Xperia mini pro saya ganti kernel kayak tutorial diatas,.. tapi kok malah gak bisa nyala ya.. cuma nyala lednya sama getar aja, di apa-apain gak bisa. di colokin ke pc juga gak kedeteksi,, Mhon bantuanya,, ini knapa ya,,,,

    ReplyDelete
  7. gan mw tanya ..
    ap flastool yg d ats cma support 64 bit ??
    soal.y pnya ane gg support yg fasboot mode=>select kernel flsh ..
    ad alternatif laen gg ??
    mhon bntuan,y !!!
    ty

    ReplyDelete
  8. Kalo pas di bootanimationnya macet/gak masuk ke homescreen apa itu termasuk bootloop? Apa kerusakan pada bootanimationnya gan?

    ReplyDelete
  9. knapa pas open kernel.img yg saya download malah failed tulisan di flashtoolnya " belom di root"
    pada hal udah di root...

    ReplyDelete
  10. reply please kok pas gue pilih IMG ny gagal mullu tulisannya hp blum di root padahal sudah

    ReplyDelete
  11. manffat nya apa gan upgeade karnel?

    ReplyDelete
  12. om... punyk ane samsung galaxy mini 2... trus ane install Karnel galaxy s3.. install via CWM. trus pas ane Reboot System. tiba tiba hh ane mati total om.. gx bisa hidup sama sekali.. . sudah ane masuk lewat Download mode. gx bisa sama gx hidup. Tmasuk lewat CWM sama gx juga. trus ane tekan Power sama gx bisa hidup... Cabut battery trus masukan Kabel data/Carger sama juga gx bisa.. (mati total gan)) TERIMAKASIH OM semoga bisa bantu ane OM.

    ReplyDelete
  13. om... punyk ane samsung galaxy mini 2... trus ane install Karnel galaxy s3.. install via CWM. trus pas ane Reboot System. tiba tiba hh ane mati total om.. gx bisa hidup sama sekali.. . sudah ane masuk lewat Download mode. gx bisa sama gx hidup. Tmasuk lewat CWM sama gx juga. trus ane tekan Power sama gx bisa hidup... Cabut battery trus masukan Kabel data/Carger sama juga gx bisa.. (mati total gan)) TERIMAKASIH OM semoga bisa bantu ane OM.

    ReplyDelete
  14. om... punyk ane samsung galaxy mini 2... trus ane install Karnel galaxy s3.. install via CWM. trus pas ane Reboot System. tiba tiba hh ane mati total om.. gx bisa hidup sama sekali.. . sudah ane masuk lewat Download mode. gx bisa sama gx hidup. Tmasuk lewat CWM sama gx juga. trus ane tekan Power sama gx bisa hidup... Cabut battery trus masukan Kabel data/Carger sama juga gx bisa.. (mati total gan)) TERIMAKASIH OM semoga bisa bantu ane OM.

    ReplyDelete
  15. saya sudah mengikuti langkah2 flash kernel di atas status akhirnya di log udah sama persis. flash kernel berhasil. namun pas nyalain HH kok gak muncul apa2 layarpun tidak menyala, LED juga tidak.
    Hape saya Sony Xperia Miro
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  16. kalo kalian punya flastol tinggal di flash uoang aja gan

    ReplyDelete
  17. minta bantuan..apa solusi klu s advance hard brick?di cas tak masuk,tekan tombol power tak bisa hidup..saya upgrade firmware guna odin,pas tu hp tiba2 off power,dan saya tekan2 power tak juga on..

    ReplyDelete
  18. min. t1a ane bootloop nih. tolong bantuin. soalnya gabisa masuk recovery mode. cuma bisa ke
    fastboot mode. ane udah download stock rom nya tapi formatnya bukan .IMG min.. tapi .RAR
    dan isinya cuma *update.zip sama folder image.. jadi aneh gabisa flash pake flashtool..
    mungkin admin punya stockrom yang .IMG . .. T.T

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post