News

Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2

Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2 - Tutorial selanjutnya setelah kemarin kita mencoba rooting Xperia Neo L yaitu Cara root Galaxy Ace. Sudah tahu kan Samsung galaxy Ace yang seperti apa? Bentuk body nya menyerupai Samsung Galaxy Young namun berbeda ukurannya. Samsung Galaxy Ace memiliki bentangan layar yang lebih besar daripada Galaxy Young.

Samsung Galaxy Ace
Anda mungkin belum tahu bahwa Samsung Galaxy Ace memiliki dua varian yaitu Galaxy Ace 1 dan Galaxy Ace 2. Keduanya sangatlah jauh berbeda. Samsung Galaxy Ace 1 memiliki kode S5830 dan Samsung Galaxy Ace 2 berkodekan i8160 (untuk mengecek nya silahkan masuk ke Settings < About phone). Dilihat dari segi body, Galaxy Ace 2 sudah mirip-mirip dengan body Samsung Galaxy SIII. Sedangkan Galaxy Ace 1 berbentuk candy bar pada umumnya. Galaxy Ace 2 juga sudah mempunyai kamera depan walau masih beresolusi VGA dan bila dilirik dari segi memory, kedua jenis ponsel tersebut jaaaaaauh berbeda. Silahkan cek di GSMArena untuk Samsung Galaxy Ace S5830 dan Samsung Galaxy Ace 2 i8160.

Tadi sudah saya jelaskan bahwa kedua ponsel diatas sangatlah jauh berbeda. Bedanya dari segi hardware dan kode. Jadi secara prinsip tutorial rootingnya pun berbeda pula.

Berikut Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 dan 2. Silahkan dipahami dengan teliti dan baca sampai benar-benar paham sebelum anda bertanya.

Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 S5830
A. Persiapan
B. Eksekusi
  1. Sesudah mendownload Update file zip, copy ke SDCard. Jangan menaruh di folder apapun supaya nanti lebih mudah untuk mencari file nya.
  2. Matikan ponsel Samsung Galaxy Ace anda, masuk ke mode recovery (Volume atas + Tombol home + Tombol power)
  3. Pilih opsi apply update from sd card menggunakan kedua tombol volume untuk menaik turunkan opsi dan tombol home untuk OK.
  4. Cari file Update zip Samsung Galaxy Ace yang tadi anda copy ke SDCard.
  5. Setelah ketemu, tekan tombol home untuk OK dan memulai proses rooting.
  6. Tunggu hingga proses selesai, selanjutnya bila sudah pilih reboot now dan nyalakan kembali Galaxy Ace anda. Lihat di menu apakah ada aplikasi SuperUser terpampang nyata disana :) bila ya, selamat Samsung Galaxy Ace anda sudah berstatus ROOTED!
Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 2 i8160
A. Persiapan
B. Eksekusi

*Untuk mengeksekusi Galaxy Ace 2 kemungkinan sedikit sulit karena banyak diantara pengunjung blog ini pada saat mengikuti Tutorial Cara Flashing Samsung Galaxy Young banyak yang belum paham tentang bagaimana cara memakai Odin. Jadi simak baik-baik.
  1. Pertama-tama install driver samsung diatas. Ekstrak juga Odin dan file PDA (I8160XXLD8_ready_root_ANT.tar.zip) kedalam satu folder. Ekstrak file PDA sampai keakar hingga anda temukan file kurang lebih bernama I8160XXLD8_ready_to_root_ANT.tar.md5. File itulah yang akan kita gunakan nanti. INGAT! Matikan antivirus anda. Biasanya Odin terbaca sebagai file yang terinfeksi oleh virus! Untuk file zip nya pindahkan ke SDCard jangan didalam folder.
  2. Aktifkan mode USB Debugging Samsung Galaxy Ace 2 anda. Buka Settings < Applications. Dan aktifkan juga Unknown Sources nya.
  3. Buka Odin
  4. Klik tombol PDA dan browse dimana anda menaruh file md5 yang sudah anda ekstrak.
  5. Sekarang matikan Samsung Galaxy Ace 2 anda dan masuk ke download mode dengan menekan tombol Volume bawah + Tombol home + Tombol power. Tekan saja volume atas bila muncul warning. Maka sesudah itu Galaxy Ace anda akan berubah menjadi download mode.
  6. Sambung ponsel anda ke PC
  7. Tunggu hingga Odin menunjukkan indikatornya berwarna kuning. Bila sudah muncul, maka proses flashing sudah bisa anda lakukan.
  8. Tekan tombol start
  9. Tunggu hingga proses selesai dan selamat :)
Proses pertama sudah selesai. Tapi bukan berarti proses rooting juga selesai.

Oh iya, lalu untuk apa file root zip yang kita download tadi? Itu dia. Langkah terakhirnya yaitu kita flash file zip tersebut. Caranya sama dengan Samsung Galaxy Ace 1 diatas :)

Baca daftar isi untuk tutorial menarik lain.

Share this post

Post a comment

  1. galaxy ace 2ane masih ga bisa di root selesai dari odin tampilannya gi mana brooo ni no whasapp ane 08977443733 tolong ya secepatnya

    ReplyDelete
  2. tolong ya broo galaxy ace 2 i8160 ane uda berada di langka odin selesai dari odi tampilanya gimana bro di com tolong di balas di no whatsapp ane 08977443733

    ReplyDelete
  3. @amin syaifuddin setelah odinnya selesai, flash update zip nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara flash'y gmn gan

      Delete
    2. Pikir aja ndriri

      Delete
  4. gan,kalau udah di root trus mau di unroot apa kembali semuala, atau kita masih memiliki akses penuh terhadap androidnya?:thanxs gan

    ReplyDelete
  5. @ria Ana tentu saja tidak. fungsi rooting yaitu membuka akses ke system android. dengan diunroot maka aksesnya kembali menutup :)
    unroot tidak menyebabkan anda kehilangan semuanya (seperti aplikasi, data-data kontak, pesan, dan lain-lain). yang akan hilang hanyalah superusernya saja.
    *tapi kalau ragu buat jaga-jaga bisa dibackup terlebih dahulu

    ReplyDelete
  6. gan hp ane udah ada aplikasi superSU. apa ini tandanya udah berhasil di root ?

    ReplyDelete
  7. apa perlu semua hp android itu kita root dlu? atau gimana?

    ReplyDelete
  8. apa perlu ya semua type hp android perlu kita root? saya aga kurang faham soalnya baru pake android.
    mohon info ya..

    ReplyDelete
  9. apa perlu semua hp android itu kita root dlu? atau gimana?

    ReplyDelete
  10. @nia azahra enggak juga. tergantung kebutuhan. rooting gunanya untuk membuka akses system. android kita umumnya hanya bisa membaca system tanpa bisa merubah isinya. dengan diroot, maka akses system yang sebelumnya read-only bisa dirubah menjadi read-write. terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. Wow sangat berguna bro...

    Patut dicoba..... Soalnya gw mau main game ps1 pake fpse di android tp gk bisa .. Karena no root access... Taunya gini toh caranya wkkkwkwkw tQ bro...

    ReplyDelete
  12. Galaxy ace 1 gagal trus masbro.super user g nongol2

    ReplyDelete

Mohon maaf bagi Anda yang mengirim komentar namun belum mendapat balasan dari saya. Bukan saya tidak mau / tidak bisa menjawab pertanyaan Anda, jujur sekarang ini waktu saya tidak selonggar dulu. Saya sedang disibukkan dengan urusan kuliah. Jangankan membalas komentar, update artikel blog ini pun tidak serutin dulu. Maka dari itu dimohon pengertian Anda semua, cobalah pahami artikel yang Anda baca. Jika Anda merasa 'blank', Anda bisa mencari pengetahuan serupa dari berbagai sumber (teman & Google). Namun saya tidak menutup kesempatan untuk bertanya langsung kepada saya, Anda bisa mencari saya di Facebook karena saya lebih aktif di tempat itu. Sekian, terima kasih

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post