News

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android Bag. II

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android Bag. II - Kali ini saya akan membahas cara meningkatkan kinerja android, yang mana ini merupakan bagian kedua setelah dulu saya pernah membahas Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android tapi ini juga bukan kelanjutan dari versi sebelumnya karena ini berbeda.

Keterbatasan dari android kelas menengah kebawah membuat kita harus mencari cara bagaimana android ini bisa berjalan dengan baik dengan fitur terbaru. Karena biasanya developer tidak memberikan update android terbaru untuk ponsel jenis tersebut.

Sebetulnya tidak bisa disalahkan ponselnya karena memang ini bukan ponsel android kelas atas. Banyak keterbatasan didalamnya. Bila anda mendengar komentar semacam "Android yang bagus itu android yang tidak memerlukan tweaks tidak memerlukan oprek-oprekan tidak butuh custom rom, android yang bagus itu kinerjanya bagus dari sananya" maka segeralah mencari batu yang besarnya segenggam tangan lalu hantamkan ke mukanya. Semua android itu bagus.

"Ngapain susah-susah oprek. Kalau bisanya segitu ya segitu saja tidak usah ngoyo/dimaksimalkan. Malah androidnya bootloop baru tahu rasa". Orang yang berkomentar seperti itu juga boleh anda lempar pakai batu. Tahu system android? Android itu Open Source. Open Source bang. Silahkan diartikan sendiri.

Tidak semua orang bisa membeli android yang mahal seperti Samsung Galaxy S4 atau Sony Xperia Z. Jadi disyukuri saja apa yang kita punyai sekarang ini. Samsung Galaxy Young yang murah itu sudah bagus lo untuk menunjang segala aktifitas. Mulai dari kantor sampai sosial media.

Baik itu tadi hanya kalimat pembuka saja, ceritanya saya tadi sedang mencari ROM di XDA Developer. Kemarin saya sudah ngobrak-abrik XDA terus nemu beberapa thread salah satunya thread yang isinya Tweaks tapi tidak saya cermati karena hanya sekilas saya melihat. Pas nyari-nyari ROM tiba-tiba saya teringat sama thread itu. Title nya [TWEAKS]UltimateTweaks for Xperia Phones(Android).

Tweaks tersebut berguna untuk mempercepat performa android. Tertulis Less Lag, Boost Phone, Saves Battery, Internet Tweaks, many more. Syarat-syaratnya pengguna sedang berada di Gingerbread, ICS, Jelly Bean, memiliki CWM, (baca Tutorial Cara Menginstall ClockWorkMod Recovery (optional) Samsung Galaxy Young & Sony Ericsson Xperia X10 Mini) dan tapi sayangnya tweaks tersebut hanya untuk pengguna Xperia.

Terminal Screenshot
Cara installnya, data di flash menggunakan CWM Recovery. Jangan lupa untuk membuat backupan untuk jaga-jaga bila terjadi android bootloop. Jangan lupa untuk mem-wipe dalvik cache juga supaya tweaks ini work.

Selesai flashing, nyalakan ponsel dan buka terminal emulator anda kemudian input "SU" kemudian "boost" untuk mengaktifkan tweaks. Nantinya Free Memory akan otomatis bertambah. Misal dari 15MB akan naik menjadi 40MB.

Saya sudah mencoba namun saya kembalikan lagi. Kenceng banget performanya. Untuk saya, performanya keterlaluan.

Do With Ur Own Risk ya bila ingin mencoba :) Dikhususkan untuk advanced user saja.

FAQS nya baca disini

Share this post

Post a comment

  1. wah bagain kedua setelah sukses bagain pertama jadi nomor 1 google xixixi. Horass bah

    ReplyDelete
  2. @Andank hihi :)) wah kok ngerti mas andank. ingin mendulang kemenangan lagi ini saya. eh,

    ReplyDelete
  3. @andank n @yusron bagai mana caranya saya juga ingin seperti kalian,,,mohon di bimbing ya :D

    ReplyDelete
  4. Kªló. Di android lain bsa gag gan ?

    ReplyDelete
  5. @Anonymous jangan! belum saya coba masalahnya. nanti jangan salahin saya kalau terjadi apa-apa :3

    ReplyDelete
  6. Ternyata di cross a8t work gan .. Ane dah cba cpet kya rosi nysul lorenzo d tkungan, he he

    ReplyDelete
  7. "silahkan hantamkan ke mukanya"... :D
    wkwkkwkw, buajingan, ngakak poool aku.. :D

    ReplyDelete
  8. Mas, kalau HHnya ngacir dan kenceng, napa dibalikin semula lagi mas ? ada efek negatifnya kah ?

    ReplyDelete
  9. @Anonymous woey woey woey santaaaaaaai :D malah dingge guyon :D

    ReplyDelete
  10. @Anonymous enggak sih, saya suka ngoprek sama melakukan riset. suka nyoba-nyoba yang gak seharusnya dicoba :)
    silahkan dicoba tutorial diatas kalau mau

    ReplyDelete
  11. gan, ane masih ngga ngerti di bagian "terminal emulator anda kemudian input "SU" kemudian "boost"", ane cari2 cari2 SU-nya ngga ketemu2...!?

    ReplyDelete
  12. gan, ane msih ngga ngerti di bagian "terminal emulator anda kemudian input "SU" kemudian "boost"", ane dah cari2 tulis'n SU-nya ngga ketemu2...!?

    ReplyDelete
  13. @Sabillah Maulana Hafiz maksud input itu, silahkan diketik di terminal emulatornya. silahkan diketik SU lalu boost. seperti itu :)

    ReplyDelete
  14. Ό̲ơ̲°̲°̲ώΗ...
    keren gan, cepet bgt...

    ReplyDelete
  15. gan, klo terminal emulator'a di Exit, RAM boost'a kembali lgi g seperti semula...??

    ReplyDelete
  16. gan,baru baca tutorialnya nih,
    ane udah flash Ultimatetweaks.zip via cwm
    tapi bingung "buka terminal emulator" itu gmn ya?apa ngeflash ultimatetweaks nya ga berhasil ya?

    ReplyDelete
  17. @agil terminal emulator itu aplikasi. silahkan download terlebih dahulu di google play

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan,nubie..hehe
      Trm kasih gan,,worked

      Delete
  18. Sorry gan. Mau nanya apakah ini akan work juga di samsung galaxy .. Yaaaaa sperti galaxy y duos

    ReplyDelete
  19. Kalo untuk xperia sola bisa gak gan?
    Takut error nih

    ReplyDelete
  20. Kok wkt instal dgn cwm keterangannya "aborted"?

    ReplyDelete
  21. @Fendry Emmanuel bisa untuk semua tapi gak tau efeknya. mendingan jangan :)

    ReplyDelete
  22. @joseph dWolf bisa untuk semua tapi gak tau efeknya. mendingan jangan :)

    ReplyDelete
  23. Galaksi buat kita yg ingin berpetualang sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  24. Om kok di CWM Reccovery gwe ndak nemu " wip dlavik cache " .????

    Terus gwe langsung ke Terminal Emulator, trus gwe input SU tulisannya " Not Found " ???!

    ReplyDelete
  25. Om kok di CWM Reccovery gwe ndak nemu " wip dlavik cache " .????

    Terus gwe langsung ke Terminal Emulator, trus gwe input SU tulisannya " Not Found " ???!

    ReplyDelete
  26. Om kok ane pas di CWM Reccovery ndak nemu " Wipe Dlavik Cache " ....????

    Trus ane langsung masuk ke Terminal Emulator dan ane input " SU " kok not found...????

    ReplyDelete
  27. @duhi kasmin adaaaa. wipe dalvik cache ada di bagian advanced (paling bawah).

    SU not found mungkin karna belum diroot. benar? :)

    ReplyDelete
  28. Salam gan. .. Mau tanya gan klo untuk Samsung s2 sdcard ane 16 gb, bisa ga ya gan.. recomend ente pake cara ini atau pake autokill memory ya gan. .. thx a lot gan. ..

    ReplyDelete
  29. Salam gan. .. Mau tanya gan klo untuk Samsung s2 H.Bahri 4.1.2 sdcard ane 16 gni b, bisa ga ya gan.. recomend ente pake cara ini (ultimate tweak) atau pake autokill memory ya gan. .. thx a lot gan. ..

    ReplyDelete
  30. Salam gan. .. Mau tanya gan klo untuk Samsung s2 H.Bahri 4.1.2 sdcard ane 16 gni b, bisa ga ya gan.. recomend ente pake cara ini (ultimate tweak) atau pake autokill memory ya gan. .. thx a lot gan. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai autokiller aja bagus :) jangan pakai yg diatas

      Delete
  31. Gan ane pemakai Galaxy S2, Jb 4.1.2 root, rencana mau tambah kapasitas RAM, sabaiknya gimana gan, pake RAM expand, ultimate tweaks atau auto killer optimizer gan.. .?Tolong advice nya gan. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galaxy S2 bukannya sudah oke performanya ? :)
      pakai auto killer aja cukup mas anonim

      Delete
    2. gan klo udh oke performa nya jgn gelap mata...
      galaxy S2 itu udh gede loh kapasitas RAMnya..
      hehe...

      Delete
  32. Cara setting auto killer nya boleh di share gan.. ? Thx ya gan...

    ReplyDelete
  33. hahaha, tadi ane abis ngelempar org pake batu , trus langsung kabur gue

    ReplyDelete
  34. kalau buat samsung galaxy pocket bisa gak gan?
    efek negatif & efek positifnya apa? terimakasih :)

    ReplyDelete
  35. samsung galaxy w ram masih standar HH udh ROOT,SD card 4 GB mungkin gk buat expand RAM,ap musti SD card class 6 aj supaya hasil yg optimal..
    thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galaxy W bukannya udah oke performanya :)
      ya minimal class 6 kalau ingin yang lumayan

      Delete
  36. INI pelu di partisi dulu gak ?

    ReplyDelete
  37. mas buat xperia mini pro bisa ngk nie.?

    ReplyDelete
  38. semuanya bisa. resiko ditanggung anda sendiri

    ReplyDelete
  39. gan mau tanya soal tweaks di atas
    hh ane samsung galaxy y duos
    pas input "SU" oke giliran "boost" comand not found
    tu gimana gan??
    trus td agan bilang uda instal tweaks tp di balikin lg. cara ngebalikin nya gimana kalo kita instal zip lewat CWM...
    thx...

    ReplyDelete
  40. Gua kagak pake "SU" dan "boost" jadi kok... . makasih min... .
    punya ane GALAXY YOUNG.

    ReplyDelete
  41. Gan kalo xperia miro bisa gak?

    ReplyDelete
  42. galaxy young duos bsa gk gan ???

    ReplyDelete
  43. galyoungku jadi mesin turbo thank's brother...

    ReplyDelete
  44. ramnya di ambil drmnanya gan, kok bisa nambah gitu

    ReplyDelete
  45. gan di terminal emulator SH:boost:not found
    tutorial ud sy ikuti semua..
    tlg pencerahanya...????

    ReplyDelete
  46. di xperia e saya kx gx work yaa gan?
    pas d terminal ktik boost tp gx mw dia

    ReplyDelete
  47. thx gan,,skrang hh andromedha a8t ane ga lemot lagi... :D

    ReplyDelete
  48. apakah ada kemungkinan rusak pada hardwarenya jika terlalu banya di upgrade systemnya ?

    ReplyDelete
  49. hahahahaha Ngacir kyak motor drag.. :D
    TQ brooo..!
    moga makin maju teru blog nya

    ReplyDelete

Mohon maaf bagi Anda yang mengirim komentar namun belum mendapat balasan dari saya. Bukan saya tidak mau / tidak bisa menjawab pertanyaan Anda, jujur sekarang ini waktu saya tidak selonggar dulu. Saya sedang disibukkan dengan urusan kuliah. Jangankan membalas komentar, update artikel blog ini pun tidak serutin dulu. Maka dari itu dimohon pengertian Anda semua, cobalah pahami artikel yang Anda baca. Jika Anda merasa 'blank', Anda bisa mencari pengetahuan serupa dari berbagai sumber (teman & Google). Namun saya tidak menutup kesempatan untuk bertanya langsung kepada saya, Anda bisa mencari saya di Facebook karena saya lebih aktif di tempat itu. Sekian, terima kasih

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post